Pages

Pages

09 April 2019

Gonggong bikin keringat dingin Video Editor dari Santai Travel Channel Kuala Lumpur


Gonggong merupakan hewan laut sejenis siput. Menjadi kuliner khas yang hanya ditemui di perairan Kepri dengan cangkang yang keras, isi daging yang kenyal dan memiliki aroma khas.

Biasa penyajiannya hanya direbus dan diberi sedikit garam dengan daun sereh untuk menghilangkan aroma khasnya. Uniknya lagi untuk menikmati Gonggong kalian harus menggunakan tusuk gigi guna  mempermudah mengambil isi daging didalamnya.

Untuk lebih nikmatnya lagi, cara makan daging Gonggong ini di cocol dengan sambal. Bisa dengan sambal terasi, sambal mangga, sambal jeruk, sambal kacang, atau sambal kecap. Tergantung selera dari lidah lo sob, nah kalau aku doyannya sih pakai sambal terasi karna menambah selera makan hehehe.


Foto by Katerina S

Manfaat Gonggong yang ternyata paling baik bagi kawula muda karena dagingnya mampu merangsang pertumbuhan hormon. WAAAAAHHH ,,, ternyata dibalik bentuk nya dan tekstur dagingnya yang lembek dan berlendir menjijikkan seperti ingus itu manfaatnya besar juga loh sob. 

Oh ya, sedikit bercerita perjalanan waktu ke Malaysia 27 Maret lalu saya memenuhi jemputan Famtrip Travel Media Escape @Kejora 2019. Hari kedua tour terakhir yaitu acara makan malam di Restoran Bujang Boat Fire Fly di kawasan Tanah Lembab Sungai Lebam, Johor. Saya satu meja bersama media dari Kuala Lumpur (Kak Kila, Kak Aisya, Abang Arif, Abang Bukhari dari Santai Travel) dan pekerja Kejora (Abang Hafiz dan Abang Mus) serta beberapa orang lainnya.
Para Awak media dan Blogger Travel Media Escape @Kejora 2019. 

Restoran Bujang Boat Fire Fly (Foto by : Bams)

Singkat cerita, hidangan makan malam sudah memenuhi meja dengan menu ketam masak lemak, kerang bumbu rempah, seafood tomyam, ikan siakap masak gulai, ikan siakap bakar, siput Gonggong masak black papper, sotong goreng tepung serta tumis sayur hijau sajian istimewa nya yaitu belangkas masak sambal. Setelah lelah berjalan seharian, perut lapar tak tertahankan lagi terlihat wajah-wajah girang mendapat hidangan makanan lezat malam itu.

Hidangan makan malam di Restoran Bujang Boat Fire Fly


Belangkas masak sambal menu istimewa di Restoran Bujang Boat Fire Fly (Foto by : Bams)


Ditengah-tengah kenikmatan menyantap makan malam, tiba-tiba aku mendapatkan kejutan nyanyian SELAMAT ULANG TAHUN ulahnya Dato' Azlie Bin Halim selaku Ceo and Founder Santai Travel Channel . Kado terindah ku dapatkan disini karena aku dipertemukan dengan orang-orang hebat nan bersahaja, terimakasih buat semua keluarga baruku. 






Seluruh hidangan telah disantap habis, yang tersisa hanyalah siput Gonggong. Sedikit heran kenapa tidak ada yang menyantap si Gonggong. Ternyata banyak warga Malaysia yang tidak makan Gonggong, BAHKAN TIDAK PERNAH SAMA SEKALI !!!! OMG. Ini makanan enak super super enak sob, nyesel deh lo yang ga pernah makan Gonggong. Aku jamin bakalan nagih. Bener deh ga bohong !

Oke, salah satu dari mereka yaitu Abang Muhammad Ariff Shafiq Bin Azmi yang merupakan Video Editor Santai Travel Channel. Malam itu dia penasaran akan siput Gonggong. Saat ditanya ini first time dia coba makan Gonggong, SERIOUSLY????? Oke dengan semangat 45 aku menjelaskan kalau di Indonesia terutama daerah ku Kepulauan Riau, Gonggong menjadi makanan khas dan menjadi Icon salah satu kota di kabupaten Kepri sendiri yaitu kota Tanjungpinang.

Icon Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau. 
Gedung Gonggong Taman Laman Bunda Tepi Laut 

Dengan PD nya pria yang akrab disapa Arif ini mengambil garpu guna mengeluarkan isi daging Gonggong tersebut. Ku tegur beliau lalu kujelaskan cara menyantap Gonggong yang benar yaitu dengan cara mengambil isi nya menggunakan tusuk gigi. Tapi emang dasar si abang Arif tidak sabaran dia masih saja mengorek-ngorek Gonggong menggunakan garpu. Haduuuuh babang,, kenapa keras kepala sekali dirimu. 

Muhammad Ariff Shafiq Bin Azmi 
Video Editor Santai Travel Channel.


Akhirnya, dengan bangga dia mencubit bagian isi Gonggong lalu menariknya hingga keluar. Saat itu juga expresi wajah bang Arif berubah. Merasa jijik karna tanpa sengaja daging Gonggong mengenai tangannya. IIUUUUHH responnya. Masih dengan penasaran yang tinggi akhirnya dia mengambil daging Gonggong dengan mencubit menggunakan jari telunjuk dan jari jempolnya .

Seketika itu juga bang Arif shock, wajahnya pucat, keringat dingin mengucur dari sela-sela rambutnya. Aku seketika panik langsung bertanya kenapa bang ??? Dia menjawab tak mengapa (masih dengan nekat mencoba mengambil daging Gonggong yang sudah jatuh kedalam piring. Setelah dengan segala tenaga dikumpulkan akhirnya daging Gonggong sukses diambil. Tapi masih saja bang Arif seperti ketakutan untuk merasakan langsung sensasi rasa dari si Gonggong.

Muhammad Ariff Shafiq Bin Azmi 
Video Editor Santai Travel Channel.

Dengan antusias ku paksa bang Arif untuk mencicipinya sampai dia mau. Dengan hati-hati dan batin yang bergejolak bang Arif memasukkan daging Gonggong dengan menutup mata. Spontan saja aku menngetawainya, hahahahha kebayang ga sih muka bang Arif saat itu??? Semua teman-temannya menunggu review rasa Gonggong tersebut. DAAAAAAAANNNNN !!!!! Dengan polosnya bang Arif bergumam "LEZATNYE!!!". 

Aku yang orangya iseng ini ketawa terbahak-bahak dan menggoda bang Arif karna takut dan geli sama isi daging Gonggong. Dengan tersenyum bang Arif berucap "ini first time saya bagi tau kamu". Lalu, dengan sigap tanpa ragu dan takut bang Arif lagi dan lagi menyantap Gonggong dengan nikmat. Makanya, rasa dulu baru kometar, ucapku.

Berbeda dari bang Arif, pria yang bernama lengkap Ahmad Buqhari Bin Muhamad Azmi (Jurnalis Santai Travel Channel) juga baru pertama kali memakan Gonggong di Restoran Bujang Boat Fire Fly malam itu. Beberapa waktu lalu pria yang akrab dengan sapaan Kori ini mengikuti Famtrip ke Batam dan Lingga dengan beberapa media dari Singapura dan Malaysia.

Foto bersama di event Batam Trail Run 5k, Sijori Resort Sekupang - Batam
Ahmad Buqhari Bin Muhamad Azmi (Jurnalis Santai Travel Channel) 

Saat saya tanyakan rasa Gonggong, bang Kori mengatakan "Hari tu first time saya makan Gonggong tapi Gonggong Batam lagi sedapp. Kat batam tu 2nd time. Review saya Gonggong Batam rasanya oke, jauh lebih bagus dari Johor".

Salah satu destinasi wisata Tebing Langit, Sekupang Batam

Hasil uji laboratorium nilai Gizi makro siput Gonggong memiliki nilai gizi makro per 100 gram siput gonggong. Karbohidrat 4,1% dengan nilai gizi 16,4 kalori, Protein 31,19 dengan nilai gizi 124,8 kalori dan lemak 24,9% dengan nilai gizi 224,1 kalori. Jadi,,, dapat disimpulkan Gonggong ini kaya akan protein. Eiiittsss tunggu dulu, meskipun kaya protein ternyata dibalik itu semua Gonggong juga mengandung kolestrol yang sangat tinggi.

Mengandung protein yang tinggi dan rendah lemak, Gonggong dapat kamu jadikan pilihan seafood yang kaya gizi dan sehat. Tapi ingat ya bagi yang mempunyai riwayat kolestrol sebaiknya dikurangi konsumsi Gonggong nya. 

Selain untuk hidangan makanan gonggong juga dapat di olah dalam bentuk kerupuk, dan diolah jadi 2 variant rasa. Ada yang original dan ada juga yang rasa pedas. Kulit Gonggong juga bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan. Masyarakat selalu mengolah kulit Gonggong menjadi aksesoris, gantungan kunci, maupun souvenir.



1 comment:

  1. Gonggong sih aku perah makan, tapi itupun baru 3 kali seingatku ... Hahahah ...
    *malu-maluin* :D

    Kalau masakan belangkas kayak foto makanan diatas itu apa sih ya ?.
    Hewan laut jugakah ?.

    ReplyDelete